Single post

Daun Torbangun Antara Obat dan Efek Samping

torbangun, daun torbangun, daun bangun bangun, jual daun torbangun, daun torbangun untuk asi, daun torbangun bangun, pabrik daun torbangun, produsen daun torbangun, perusahaan daun torbangun, supplier daun torbangun, distributor daun torbangun, jual daun bangun bangun, pabrik daun bangun bangun, produsen daun bangun bangun, perusahaan daun bangun bangun, supplier daun bangun bangun, distributor daun bangun bangun

Daun Torbangun (Coleus amboinicus). Itulah di Indonesia, hampir seluruh tanahnya menumbuhkan berbagai tanaman yang memberikan manfaat bagi kebutuhan pengobatan dan nutrisi manusia.

Sebagian orang menyebutnya sebagai bangun-bangun atau daun jintan. Daun Torbangun memiliki daun berwarna hijau, tebal, dan memiliki aroma yang khas.

Tanaman ini tersebar luas dan telah dikonsumsi harian untuk pengobatan dan makanan tambahan (suplemen) bagi sebagian masyarakat di Afrika, Asia, Australia dan Amerika Selatan.

Tumbuhan yang mampu hidup sekitar 3-10 tahun tersebut, telah lama digunakan secara tradisional sebagai makanan, aditif pakan ternak, serta sebagai obat berbagai macam penyakit.

“Bahkan, para ibu di Suku Batak, wajib mengkomsumsi daun bangun bangun hingga 1 bulan setelah melahirkan. Biasanya mereka memasak sebagai sup bening maupun sup santan untuk merangsang ASI. Hasil penelitiannya, daun torbangun lebih efektif dibandingkan laktagogum,” ujar  Dr. Iwan Sahrial, dosen kedokteran hewan Universitas Airlangga, Surabaya, Jumat (4/10/2019).

Selain itu, daun bangun bangun sejak lama digunakan masyarakat sebagai jamu tradisional untuk pengobatan berbagai penyakit seperti panas, batuk, bronkitis, radang tenggorokan, diare dan disentri.

Kandungan di dalam torbangun senyawa aktif yang berfungsi sebagai obat. Para peneliti dari berbagai universitas di dunia telah menemukan kandungan senyawa aktif seperti sesquiterpenoid, monoterpenoid, dan phenolic, 3 metil 4 isopropyl phenol, squalene, cariophyline, phytol, alkaloid, glycosid, flavonoid, quinon, tannin, phenol, dan terpenoid.

Evaluasi Kekurangan

Melihat potensi tanaman daun bangun bangun yang cukup potensial sebagai bahan obat, Iwan Sahrial bersama rekannya, Dr Rondius Solfaine, mengevaluasi kekurangan dari daun tersebut.

“Meskipun termasuk dalam obat Anti Inflamasi Non Steroid (AINS), Salah satu kekurangan dalam menggunakan bahan dari tanaman torbangun sebagai bahan obat yaitu adanya efek samping yang mampu menimbulkan gagal ginjal dan menimbulkan alergi,” ujar dia.

Laki-laki yang menjabat sebagai Kepala Program Studi S1 Pendidikan Kedokteran Hewan PSDKU Unair di Banyuwangi tersebut, lanjut menjelaskan penelitiannya yang menambahkan cisplatin, atau obat pilihan dalam terapi kanker, karsinoma dan sarkoma dalam ekstrak tanaman torbangun, untuk meminimalisir efek sampingnya.

Subjek ujinya menggunakan tikus mencit, Pak Iwan bersama tim berhasil menghambat pembentukan gagal ginjal akibat penambahan cisplatin pada ekstrak tanaman torbangun.

“Hal tersebut ditunjukan oleh meningkatnya senyawa factor pertumbuhan (TGF) dengan diikuti penurunan konsentrasi kadar Alkalin pospatase, BUN dan kreatinin, ketiga senyawa tersebut merupakan parameter tes fungsi ginjal,” ujar dia.

 

BACA JUGA:

Daun Torbangun Atasi Masalah Kewanitaan

Torbangun Masuk Dalam “Handbook” Kesehatan Internasional

torbangun, daun torbangun, daun bangun bangun, jual daun torbangun, daun torbangun untuk asi, daun torbangun bangun, pabrik daun torbangun, produsen daun torbangun, perusahaan daun torbangun, supplier daun torbangun, distributor daun torbangun, jual daun bangun bangun, pabrik daun bangun bangun, produsen daun bangun bangun, perusahaan daun bangun bangun, supplier daun bangun bangun, distributor daun bangun bangun

Perusahaan Daun Torbangun Skala Besar

Manfaat Daun Bangun Bangun Bagi Kesehatan

Selain bermanfaat sebagai pelancar asi, daun bangun angun atau daun torbangun memiliki khasiat yang sangat banyak diantaranya untuk mengobati sakit kepala, sariawan, demam dan masih banyak lainnya. Berikut manfaat daun bangun bangun:

1. Sakit kepala

Untuk meredakan sakit kepala, Anda dapat memanfaatkan daun torbangun sebagai kompres.

Caranya mudah, cukup cuci daun bangun bangun yang masih segar dan memarkan. Lalu tempelkan di kepala dan pelipis. Daun torbangun dijadikan kompres di area kepala.

2. Sariawan

Bagi kamu yang sering sekali mengalami sariawan, kamu bisa menemukan solusi yang alami sekarang. Daun torbangun dipercaya dapat mengatasi sariawan. Dengan adanya kandungan vitamin C didalamnya.Anda bisa memanfaatkan daun ini sebagai obat sariawan dengan cara mengunyahnya seperti biasa.

Caranya ambil 5 lembar daun yang masih segar, cuci bersih dan bilas dengan air matang. Setelahnya, kunyah secara perlahan, telan airnya dan buang ampas daunnya.

3. Demam

Meski diperlukan penelitian lebih lanjut, daun torbangun dipercaya dapat meredakan demam. Caranya pilih 7 lembar daun bangun bangun yang bagus dan masih segar. Cuci bersih dan bilas dengan air matang. Lalu tumbuk hingga sampai halus, peras, saring dan ambil sarinya untuk diminum.

Namun, tidak semua orang bisa menemukan daun torbangun dengan mudah. Jadi perhatikan lagi ya, Ini hanya bisa diterapkan pada orang yang gampang menemukan daun bangun bangun.

Jika daun berkhasiat ini tidak ada di sekitarAnda, lebih baik cari solusi lain untuk mengatasi demam yang dirasa.

4. Batuk

Untuk mengatasi batuk, Anda bisa memanfaatkan daun ini. Cara memanfaatkannya hampir sama dengan untuk meredakan demam, namun perlu ada tambahan untuk menyampurkannya dengan minyak wijen secukupnya sebelum diminum.

5. Rematik

Jika Anda atau anggota keluarga ada yang menderita rematik, daun torbangun bisa dimanfaatkan lho!

Caranya terbilang mudah, Anda hanya perlu menggiling halus daun bangun bangun dan tambahan air kapur sirih secukupnya.

Remas daunnya dan campur dengan air kapur sirih hingga tercampur rata dan lumasi bagian yang rematik dengan bahan-bahan tersebut.

6. Memperbanyak ASI

Manfaat daun torbangun yang paling tersohor adalah memperbanyak produksi ASI . Tak percaya? Rupanya telah ada penelitian yang menunjukkan bahwa daun tersebut sangat efektif dalam meningkatkan produksi ASI.

Jika ibu menyusui yang ingin ASI-nya berlimpah bisa mengonsumsi daun tersebut dengan berbagai macam hidangan. Di Sumatera Utara, daun bangun bangun banyak diolah menjadi campuran makanan. Salah satunya adalah sebagai bumbu untuk memasak sup bening hingga sup santan.Selain itu, daun torbangun juga dipercaya mampu mengatasi penyakit lain seperti ayan, asma, batuk rejan, dan perut kembung.

BACA JUGA:

Daun Torbangun Pelancar ASI Alami Dari Sumatera Utara

Daun Torbangun Asi Booster Terampuh

Profesor Indonesia Kenalkan Manfaat Daun Torbangun di Australia

Leave A Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda
👋 Hi, ada yang bisa kami bantu?