Single post

Daun Torbangun Asi Booster Terampuh

torbangun, daun torbangun, daun bangun bangun, jual daun torbangun, daun torbangun untuk asi, daun torbangun bangun, pabrik daun torbangun, produsen daun torbangun, perusahaan daun torbangun, supplier daun torbangun, distributor daun torbangun, jual daun bangun bangun, pabrik daun bangun bangun, produsen daun bangun bangun, perusahaan daun bangun bangun, supplier daun bangun bangun, distributor daun bangun bangun

Daun torbangun Asi Booster atau daun bangun bangun (Coleus amboinicus L) dapat menjadi laktagogum untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI. Torbangun lebih efektif dibandingkan laktagogum lain dan tidak ada efek samping sehingga aman untuk ibu dan bayinya. Peneliti daun torbangun ialah Prof. Rizal Damanik, pengajar Departemen Gizi Masyarakat. Beliau adalah Dosen Fakultas Ekologi Manusia, IPB University. Beliau memaparkan khasiat torbangun pada acara Coffee Morning tentang “Manfaat Torbangun sebagai Laktagogum (Menstimulasi Produk ASI) Mengantar Penelitinya Mendunia” di Bogor.

Hadir sebagai moderator Menteri Pertanian periode 2001-2004 Bungaran Saragih. Damanik menjelaskan, torbangun adalah sebutan di kalangan masyarakat Sumatera Utara. Orang Jawa menyebutnya daun kucing, sedangkan Orang Sunda menyebutnya ejeran. Orang Bali menyebutnya iwak. Torbangun termasuk tanaman semak berakar merambat. Bentuknya mirip pohon nilam, berbatang lunak, dan tekstur daun tidak rata.

Rasanya campuran pahit dan pedas seperti daun kemangi. Tanaman itu dijumpai di kawasan tropis, Asia, Afrika, dan Amerika. Tanaman ini digunakan untuk obat, diantaranya sariawan, asma, dan batuk. “Di suku Batak, torbangun wajib dikonsumsi ibu yang baru melahirkan hingga 1 bulan. Sampai sekarang hal itu masih diterapkan,” katanya. Damanik meneliti khasiat torbangun sebagai laktagogum pada 2001-2005. Penelitian dilakukan di Simalungun, Sumatera Utara, pada 75 ibu menyusui berusia di bawah 35 tahun.

Penelitian Torbangun

Responden dibagi menjadi tiga kelompok. Pertama, menggunakan laktagogum resep dokter. Kelompok Kedua, mengonsumsi daun torbangun. Ketiga, laktagogum fenugreek yang biasa digunakan di Amerka dan Eropa. Ketiga kelompok itu mengonsumsi laktagogum 3 x sehari selama 1 bulan. Ternyata laktagogum dari torbangun lebih banyak dan bergizi membuat daripada laktagogum yang lain. Sebagai gambaran, pada hari ke-28, volume ASI kelompok pertama 9,7 ml, kelompok kedua 65,2 ml, dan kelompok ketiga 20,3 ml.

Pada hari ke-42 maupun hari ke-56, jumlah ASI kelompok kedua tetap paling unggul. kandungan gizi mikro dan komposisi asam lemak dari daun torbangun pun lebih tinggi dibandingkan laktagogum lain. ASI ibu yang mengonsumsi torbangun kandungan fosfornya 1.049 mg, kalsium 1.233 mg, dan magnesium 505 mg.

 

daun torbangun, daun bangun bangun, jual daun torbangun, daun torbangun untuk asi, daun torbangun bangun, pabrik daun torbangun, produsen daun torbangun, perusahaan daun torbangun, supplier daun torbangun, distributor daun torbangun, jual daun bangun bangun, pabrik daun bangun bangun, produsen daun bangun bangun, perusahaan daun bangun bangun, supplier daun bangun bangun, distributor daun bangun bangun

Jika anda ingin membeli daun torbangun dalam skala besar anda bisa menghubungi website https://berkahberdikari.com/

BACA JUGA:

> Cookies Daun Torbangun, Pangan Inovatif Sumber Zat Gizi Mikro

> Daun Torbangun Asi Booster Yang Diakui Dunia

ASI ibu yang mengonsumsi fenugreek, fosfornya 1.040 mg, kalsium 566 mg, dan magnesium 330 mg. ASI ibu yang mengonsumsi laktogogum resep dokter fosfornya 1.033 mg, kalsium 534 mg, , dan magnesium 325 mg.

“Torbangun mengandung 10 komponen aktif yang saling mengikat, antara lain aldehid, asam lemak rantai ganda, dan kelompok sterol. Itu memicu meningkatnya kualitas dan kuantitas Air Susu Ibu,” kata Damanik.

Torbangun tidak berbahaya sekalipun dimakan dalam waktu lama. Torbangun bisa dibuat jus maupun sup bening. Menurut Guru Besar Ekonomi Fakultas Pertanian, IPB University yaitu Bungaran Saragih. Beliau mengatakan bahwa torbangun menunjukkan kearifan lokal Indonesia yang bermanfaat. Hasil riset itu perlu mendapat dukungan dari pemerintah dan swasta.

Daun torbangun merupakan tanaman yang tumbuh di daerah tropis. Tumbuhan liar yang mudah di temui di India maupun di Indonesia ini dipercaya membawa berbagai macam manfaat untuk kesehatan

Kandungan Daun Bangun Bangun

Ciri khas daun ini berwarna hijau dan memiliki bau yang khas. Kandungan nutrisi yang terdapat di daun torbangun diantaranya fosfor, serat, vitamin A,B, dan C. Selain itu duan torbangun juga mengandung kalsium. Daun torbangun bagus untuk ibu menyusui karna daun torbangun memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi ASI.

Mengkonsumsi Daun Terbangun telah menjadi budaya di Suku Batak. Pada Suku Batak, wanita menyusui mengkonsumsi Daun Terbangun dengan cara dimasak sayur bening maupun sayur santan.

Selain dikonsumsi dengan cara dimasak sayur. Daun Terbangun juga dapat dimanfaatkan untuk  meredakan sakit demam dan kepala. Untuk meredakan sakit kepala, dapat memanfaatkan Daun Terbangun sebagai kompres. Caranya mudah, cukup cuci daun torbangun yang masih segar dan memarkan. Lalu tempelkan di kepala dan pelipis. Daun bangun-bangun dijadikan kompres di area kepala.

Sedangkan untuk meredakan demam,  pilih 7 lembar daun bangun-bangun yang masih segar, cuci bersih dan bilas dengan air matang. Lalu tumbuk sampai halus, kemudian peras saring dan ambil sarinya untuk diminum. Daun Terbangun juga dapat menghilangkan sariawan dimulut.

Leave A Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda
👋 Hi, ada yang bisa kami bantu?