Single post

Daun Torbangun Atasi Masalah Kewanitaan

torbangun, daun torbangun, daun bangun bangun, jual daun torbangun, daun torbangun untuk asi, daun torbangun bangun, pabrik daun torbangun, produsen daun torbangun, perusahaan daun torbangun, supplier daun torbangun, distributor daun torbangun, jual daun bangun bangun, pabrik daun bangun bangun, produsen daun bangun bangun, perusahaan daun bangun bangun, supplier daun bangun bangun, distributor daun bangun bangun

Daun torbangun atau daun bangun bangun merupakan tanaman yang tumbuh di daerah tropis. Tumbuhan liar yang mudah di temui di Afrika Selatan, India, dan juga Indonesia ini dipercaya mempunyai berbagai macam manfaat untuk kesehatan.

Mendengar kata daun torbangun, tak dapat lepas dari peran Prof Rizal Damanik dari Departemen Gizi Masyarakat, IPB University. Sebagai tokoh perkembangan potensi daun torbangun. Berangkat dari pengalaman empiris suku Batak, beliau mengembangkan torbangun dalam dunia kesehatan khususnya untuk kebutuhan wanita. Pengalaman empiris wanita Batak yang mengonsumsi daun torbangun, memiliki efek yang baik dari segi produksi Air Susu Ibu (ASI).  Khasiat daun torbangun (Coleus amboinicus) telah dibuktikan secara ilmiah lewat beberapa penelitian yang ditekuni oleh peran Profesor M. Rizal Martua Damanik.

Torbangun Atasi Masalah Kewanitaan

Kandungan proksimat simplisa daun torbangun didominasi oleh mineral. Dominasi kandungan mineral pada daun torbangun baik untuk dikonsumsi oleh wanita yang mengalami Pre Menstrual Syndrome (PMS). Fase PMS adalah keluhan yang paling sensitif dirasakan oleh wanita karena banyak sekali gejala kesehatan sehingga menghambat aktivitas, seperti nyeri perut, sakit kepala, nyeri payudara, ataupun gangguan emosi.

Hasil penelitian Devi dkk (2010) dalam Jurnal Gizi Masyarakat melaporkan bahwa keluhan-keluhan ini dirasakan lebih dari 50% responden konsumen daun torbangun. Persentase keluhan PMS menjadi menurun setelah responden diberikan suplementasi kapsul daun bangun bangun. Komposisi daun bangun bangun dalam 100 gram mengandung 230 mg kalsium dan 62.5 mg magnesium. Kedua kandungan mineral ini mendominasi diantara jenis mineral lainnya.

Kandungan kalsium dalam daun torbangun sangat berperan dalam menurunkan keluhan selama PMS. Kekurangan kalsium dapat menghambat terbentuknya hormon estrogen dan sekresi paratiroid yang mengakibatkan kontraksi pembengkakan dinding uterus. Pembengkakan tersebut akan menyebabkan wanita merasa nyeri pada bagian perut.

Tak hanya kalsium, kandungan magnesium dalam daun bangun bangun juga dapat meringankan keluhan selama PMS. Magnesium bersinergi bersama kalsium untuk meningkatkan produksi hormon estrogen. Pengaturan hormon serotonin juga dapat dipengaruhi dari konsentrasi magnesium. Serotonin akan mengendalikan kestabilan emosi dan sindrom sakit kepala. Kontrol pada serotonin ini sangat memengaruhi neurotransmiter saraf sehingga dua keluhan selama PMS tersebut dapat diturunkan.

torbangun, daun torbangun, daun bangun bangun, jual daun torbangun, daun torbangun untuk asi, daun torbangun bangun, pabrik daun torbangun, produsen daun torbangun, perusahaan daun torbangun, supplier daun torbangun, distributor daun torbangun, jual daun bangun bangun, pabrik daun bangun bangun, produsen daun bangun bangun, perusahaan daun bangun bangun, supplier daun bangun bangun, distributor daun bangun bangun

Jika anda ingin membeli torbangun dalam skala banyak anda bisa kunjungi website: https://berkahberdikari.com/

BACA JUGA:

Daun Torbangun Asi Booster Yang Diakui Dunia

Manfaat Daun Torbangun Beserta Penjelasan Ilmiahnya

Daun Torbangun Mempunyai Kandungan Laktagogum

Pemanfaatan Torbangun sebagai laktagogum yang dilakukan orang Batak merupakan tradisi satu-satunya di dunia. Tidak ada suku bangsa lain di dunia yang memanfaatkan daun tersebut dengan tujuan laktagogum.

“Tradisi ini sudah berjalan sejak ratusan tahun dan sampai sekarang masih terus dipraktikkan oleh masyarakat Batak dimana pun mereka berada,” ujarnya.

Hasil penelitian dosen yang juga sebagai Ketua Program Studi Pascasarjana Bidang Gizi Masyarakat IPB, menyimpulkan bahwa tradisi masyarakat Batak ini baik dan benar.

Produksi ASI ibu menyusui yang mengonsumsi sayur daun bangun bangun lebih banyak secara nyata dibandingkan produksi ASI ibu menyusui yang mengonsumsi Moloco+B12 (laktagogum yang biasa dikonsumsi oleh ibu menyusui di kota-kota besar di Indonesia) atau Fenugreek yang merupakan laktagogum di negara Eropa/Amerika.

Konsumsi sayur daun bangun bangun tidak hanya memberikan efek positif bagi kesehatan ibu menyusui akan tetapi juga bagi bayi yang disusui oleh ibu yang mengonsumsi sayur torbangun.

“Hal ini tercermin dari beberapa indikator seperti berat badan, lingkar kepala, lingkar dada dan angka kesakitan dari bayi yang lebih baik,” ujarnya

Daun torbangun mengerti kebutuhan khusus wanita saat kehamilan dan menyusui. Laktagogum pada daun bangun bangun merupakan komponen paling berperan untuk wanita hamil dan menyusui. Prolaktin akan terpacu produktivitasnya bila laktagogum ini tercukupi. Prolaktin dapat meningkat dikarenakan jumlah domperidon dan metoklopramid meningkat sehingga menstimulasi pelepasan prolaktin. Pelepasan prolaktin yang baik akan menghalangin reseptor dopamin dalam kelenjar pituitari. Hasilnya, jumlah ASI yang dihasilkan oleh ibu menyusui meningkat pesat dibandingkan tanpa pemberian daun bangun bangun.

Iwansyah dkk dalam Jurnal Gizi Pangan melakukan penelitian mengenai efektivitas pemberian laktogagum dari daun bangun bangun yang dilakukan menggunakan mencit yang diberikan fraksi etil asetat daun bangun bangun. Hasil pemberian fraksi daun bangun bangun menunjukkan peningkatan produksi susu, pertumbuhan, dan bobot anak. Kelompok senyawa semi polar dari fraksi asam asetat dapat menjadi alternatif pemicu produksi susu. (MSE)

Khasiat Daun Torbangun

Khasiat torbangun yang telah diteliti meliputi tentang manfaatnya sebagai anti hipertensi dan pengendali kolesterol. Selain itu daun bangun bangun berguna sebagai analgesic (pengurang rasa nyeri) pada penderita PMS (pre-menstruation syndrome). Prof. Rizal Damanik juga sudah mengembangkan konsumsi daun torbangun sebagai produk industri dalam bentul sereal, minuman hebal, tablet serta sayuran kaleng yang diberi bahan pengawet alami.

Menurut Rizal, penelitian yang secara konprehensif tersebut membuat kajian ilmiah torbangun masuk dalam “Handbook of Dietary and Nutritional Aspects of Human Breast Milk” yang diterbitkan di Belanda.

Berbagai data hasil penelitian tentang Torbangun tersebut selain telah dipresentasikan oleh Rizal Damanik pada berbagai forum ilmiah, baik di luar maupun di dalam negeri, juga telah dipublikasikan dalam berbagai jurnal ilmiah baik di luar mapun dalam negeri.

Leave A Reply

WeCreativez WhatsApp Support
Tim kami ada di sini untuk menjawab pertanyaan Anda
👋 Hi, ada yang bisa kami bantu?